April 16, 2024

Iklan surat elektronik tidak diragukan lagi adalah salah satu saluran periklanan digital paling berpengaruh yang dapat membantu perusahaan menjangkau pemirsa mereka dan mendapatkan target iklan. Namun, mengirimkan pesan yang sama ke semua pelanggan di akun email Anda mungkin tiktok88 login tidak memberikan hasil yang diinginkan. Di situlah segmentasi email berperan. Pada artikel ini, kami akan menganalisis ide segmentasi catatan email, signifikansinya, dan cara perusahaan dapat menggunakannya untuk meningkatkan ROI mereka. 

Apa itu segmentasi rekaman email?

Segmentasi catatan surat elektronik adalah cara memisahkan catatan email Anda menjadi beberapa kelompok berdasarkan sifat atau perilaku yang sama. Ini memungkinkan Anda mengirim email yang terfokus dan dipersonalisasi ke setiap bagian daripada metode satu ukuran untuk semua. 

Ada banyak cara untuk membagi catatan email Anda, termasuk:

Untuk apa segmentasi email?

1. Pengetahuan demografis

Data primer tentang jenis kelamin, usia, tempat tinggal sudah cukup untuk membantu Anda memulai. Berdasarkan pengetahuan demografis, Anda mungkin sudah mengirimkan buletin terkait: misalnya, email ke penduduk kota tertentu tentang membuka toko baru di wilayah mereka. Memahami jenis kelamin pelanggan, Anda dapat menyusun buletin terkait untuk pemirsa wanita dan pria.

Segmentasi usia

Sangat berguna asalkan produk Anda milik kelompok usia yang sama sekali berbeda.

Segmentasi berdasarkan tempat tinggal

Cocok untuk produsen global, ditambah perusahaan online dapat menggunakannya untuk mengirimkan lebih banyak data terkait atau musiman kepada pelanggan. Dan segmentasi berdasarkan wilayah berarti Anda dapat mengirim buletin berdasarkan penyediaan pengecer atau perusahaan apa pun di wilayah tersebut. Surat multipleks dapat berfungsi sebagai contoh segmentasi seperti itu: email dikirim ke area ini di mana bioskop berada.

Segmentasi jenis kelamin

Alternatif yang sangat baik untuk toko online. Misalnya, mari kita lihat email tentang alas kaki wanita:

Segmentasi berdasarkan Jenis Kelamin _ Stripo

(Pasokan: Surat elektronik dari Promenade.ua)

Dan alas kaki pria:

Segmentasi Berdasarkan Jenis Kelamin _ Sepatu Pria _ Stripo

(Pasokan: Surat elektronik dari Promenade.ua)

Penting untuk diperhatikan:

Situasi Acara Konten Stripo, yang Anda atur secara manual, memungkinkan Anda mempersonalisasi email berdasarkan jenis kelamin, usia, geolokasi, dll., tanpa perlu membagi seluruh basis kontak Anda dan tanpa harus membuat email yang berbeda. Anda membuat satu email, menambahkan kartu produk yang berbeda untuk pria, wanita, anak-anak, dan mereka yang tidak mengatur jenis kelamin mereka di sistem Anda, mengatur Konten Acara Acara, dan voila – pelanggan Anda akan melihat email dengan terkait barang dagangan semata. 

Untuk buku pegangan tentang cara membuat dan mengatur situasi ini, silakan merujuk ke publikasi blog kami “Apa yang Membuat Stripo sebagai Platform Desain Surat Elektronik”, bagian “Situasi”.

2. Siklus hidup

Konten buletin Anda harus bergantung pada tindakan klien. Ketika calon pembeli muncul untuk pertama kalinya di situs web Anda, dia masih tidak tahu apa-apa tentang Anda dan produk Anda. Adapun pembeli umum, Anda tidak ingin memberi tahu dia cara terbaik untuk menggunakan barang dagangan Anda

Selanjutnya, mungkin ide segmentasi yang paling disukai dan efisien bergantung pada tahap corong penjualan kotor tempat pelanggan berada. Mari kita periksa setiap tahap bersama dengan praktik terbaik segmentasi email.

Cukup terdaftar pelanggan

Kami menganjurkan agar Anda mengirimkan rangkaian email selamat datang ke pelanggan baru di mana Anda menampilkan kinerja layanan, menjelaskan layanan kami, atau produk terkini.

Misalnya, setelah mendaftar di situs web Mango, grupnya mengirimkan email ke pelanggannya meminta mereka untuk memutuskan tampilan yang sesuai:

Segmentasi Lanjutan _ Stripo

(Pasokan: Surat elektronik dari Mango)

Dengan memanfaatkan templat selamat datang prebuilt kami, Anda dapat membuat email tanpa cela dengan sangat cepat

Jelajahi

Pemula

Mereka sudah tahu tentang Anda, tetapi masih belum melakukan tindakan terfokus apa pun. Aktivitas pengiriman surat untuk bagian ini adalah untuk menunjukkan bagaimana produk Anda dapat bermanfaat dan tugas apa yang mungkin diselesaikannya. Pembeli seperti itu harus mendapatkan serangkaian email pencarian fakta, mungkin dengan penawaran diskon pada pembelian pertama mereka. Bicaralah tentang apa yang menanti mereka di email Anda, karena grup pengecer online vsisvoi.ua melakukannya.

Segmentasi berdasarkan Life Cycle _ Stripo

(Pasokan: Surat elektronik dari Vsi.Svoi)

Klien yang peduli

Mereka telah menggunakan produk atau layanan Anda, tetapi tidak sesering atau di atas panggung seperti yang Anda inginkan. Pilih mereka dalam kelompok terpisah dan bicarakan tentang kemampuan ini yang tidak akan mereka perhatikan. Email dengan saran berdasarkan pembelian sebelumnya dapat menjadi contoh buletin semacam itu untuk industri B2C.

Segmentasi Email _ Produk yang Mungkin Anda Suka

Klien setia

Mereka sering menggunakan penyedia Anda, mempelajari email, dan benar-benar mengetahui produk Anda. Pertahankan keingintahuan grup ini terhadap produk Anda, informasikan tentang barang dagangan baru, berikan bonus, dan minta pendapatnya. Airbnb mempersembahkan $30 kepada pelanggan paling setianya untuk menarik klien baru untuk perjalanan selanjutnya:

Segmentasi Pemasaran Email

(Pasokan: Surat elektronik dari Airbnb)

Pembeli tidak aktif

Sayangnya, sebagian besar klien pada tahap tertentu berhenti menggunakan layanan atau melakukan pembelian. Penjelasannya sangat berbeda; aktivitas kami adalah mencoba mengembalikan setidaknya sebagian dari mantan klien Anda. 

Segmentasi Basis Kontak _ Contoh oleh Pampik _ Stipo

(Pasokan: Surat elektronik dari Pampik)

Ingatlah bahwa konten buletin Anda harus ditautkan ke tindakan klien sebanyak mungkin.

Silakan lihat contoh tambahan kampanye email keterlibatan ulang yang bagus.

3. Kebiasaan pembeli

Kriteria ini dapat dibagi menjadi 2 elemen: kebiasaan di situs web dan kebiasaan dalam buletin yang diperoleh.

Di dalam buletin

Ada banyak alternatif untuk segmentasi rekaman email. Anda dapat memilih segmen berikutnya:

Oleh karena itu, surat berikutnya untuk setiap segmen tersebut harus berbeda: pengingat lebih lanjut bagi mereka yang membuka email dan tidak mengambil tindakan apa pun; kampanye pemasaran pengaktifan kembali bagi banyak orang yang telah berhenti mempelajari email.

Di situs web

Saat pelanggan membuka situs web dari buletin, mereka juga dapat dibagi menjadi segmen yang berbeda:

Misalnya, pengecer online Citrus.ua mengirim email dengan produk {yang menjadi tujuan} pelanggan situs web tetapi tidak membeli:

Segmentasi Basis Kontak _ Strategi Terbaik

(Pasokan: Surat elektronik dari Citrus)

Karena saya tidak membeli apa pun, saya menerima email berikutnya dengan pilihan barang dagangan di kelas yang sama:

Segmentasi Basis Kontak _ Stripo

(Pasokan: Surat elektronik dari Citrus)

Pantau halaman dan bagian yang dikunjungi pembelanja, perhatikan frekuensi dan jumlah pembelian. Penting bahwa sistem surat Anda berarti Anda dapat menghubungkan tindakan pembelanja dengan emailnya. Berdasarkan pengetahuan ini, Anda dapat mengonfigurasi email pemicu (email saran dan gerobak sepi) dan promo. Catat waktu akuisisi, itu adalah bagian dari data penting, misalnya untuk bisnis pariwisata. Untuk pelanggan yang biasanya memilih liburan musim panas, tetapi belum membeli tur yang sama, Travelata.ru mengirimkan email yang dipersonalisasi. OR buletin tersebut akan meningkat dengan elemen 1,5.

Anda dapat membuat infografis informasional untuk memvisualisasikan pengetahuan ini dengan bantuan  Pembuat Infografis dan menggunakannya dalam kampanye Anda untuk mengirimkan pesan Anda.

Keuntungan utama-5 dari segmentasi catatan email

1. Relevansi yang lebih tinggi

Salah satu manfaat penting dari segmentasi email adalah memungkinkan perusahaan mengirimkan konten yang sangat terkait dan dipersonalisasi kepada pelanggan mereka. Dengan mengirim email ke segmen tertentu, Anda dapat menyesuaikan pesan Anda untuk menangani keinginan dan pengejaran eksplisit setiap grup, yang dapat sangat meningkatkan relevansi email Anda.

2. Peningkatan keterlibatan

Saat Anda mengirim email yang berbicara tentang minat dan keinginan pelanggan Anda, Anda biasanya cenderung membuat mereka tetap terlibat dan semuanya untuk model Anda. 

3. Peningkatan biaya konversi

Karena email tersegmentasi lebih terkait dan fokus, mereka lebih cenderung mengubah pelanggan menjadi klien. Saat Anda mengirimkan pesan yang tepat kepada orang yang tepat pada waktu yang tepat, Anda membuat hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan Anda, yang dapat menyebabkan peningkatan biaya konversi.

4. Pengiriman email yang lebih tinggi

Anda juga dapat meningkatkan biaya pengiriman email Anda dengan mengirimkan email yang sangat fokus dan relevan ke pelanggan Anda. Itu karena ESP biasanya cenderung melihat email Anda sebagai konten yang bermanfaat dan bukan spam, yang dapat membantu Anda menghindari folder spam dan memastikan konten Anda mencapai kotak masuk pelanggan Anda.

Memanfaatkan segmentasi email dapat membantu perusahaan membuat dan mengirimkan kampanye terfokus yang selaras dengan pemirsa mereka dan mendorong hasil yang lebih tinggi dari upaya periklanan email mereka. Anda dapat meningkatkan keterlibatan, mendorong konversi, dan meningkatkan retensi pelanggan dengan menyesuaikan pesan, konten, dan hadiah Anda ke setiap segmen.

Contoh kampanye email menguntungkan yang menggunakan segmentasi

1. Skybound Leisure — Peningkatan 80% dalam biaya terbuka dengan personalisasi dan segmentasi email

Sejalan dengan poin data di situs web Sendlane , Skybound Leisure meningkatkan biaya buka emailnya sebesar 80% setelah menggunakan platform otomasi periklanan Sendlane. Skybound Leisure menggunakan opsi Sendlane seperti personalisasi email, segmentasi, dan pengujian A/B untuk membuat kampanye email yang lebih berpartisipasi dan terkait.

Biaya terbuka yang sangat tinggi ini, yang akhirnya membantu perusahaan mendapatkan target periklanannya.

Mengirim Email yang Ditargetkan untuk Meningkatkan Tingkat Terbuka

(Pasokan: Sendlane)

2. Klaviyo — 57% peningkatan pendapatan berbasis email dan 75% peningkatan biaya klik-tayang email

Studi kasus Klaviyo di Taylor Stitch , sebuah perusahaan pakaian, menunjukkan bagaimana segmentasi email dan materi konten yang dipersonalisasi dapat mendorong pertumbuhan pendapatan. 

Menggunakan platform Klaviyo, Taylor Sew dapat membagi daftar emailnya berdasarkan kebiasaan pembeli dan riwayat pembelian, memungkinkan mereka mengirimkan konten yang dibuat khusus yang sesuai dengan pelanggan. Metode ini menghasilkan peningkatan 57% dalam pendapatan yang didorong oleh email dan peningkatan 75% dalam biaya klik-tayang email.

Segmentasikan Pelanggan untuk Meningkatkan Pendapatan dan Tarif Klik-Tayang Email

(Pasokan: Klaviyo)

3. Forces Vehicles Direct — 236% peningkatan pelanggan email dan 170% ROI dalam 4 bulan

Studi kasus oleh Pure360 menyoroti bagaimana Forces Vehicles Direct, dealer otomotif yang berbasis di Inggris, ingin memberikan perhatian pada iklan email untuk berinteraksi dengan prospek saat ini. 

Akibatnya, perusahaan mencapai 236% peningkatan pelanggan email dan 170% ROI dari kampanye pemasaran email tunggal dalam 4 bulan. Menggunakan perpesanan terfokus dan email terpicu, Forces Vehicle Direct menginspirasi penerima untuk menyelesaikan formulir pertanyaan mereka dan berinteraksi dengan merek mereka.

Selain itu, kampanye pemasaran diatur waktunya secara strategis bertepatan dengan liburan akhir pekan, yang membantu mendorong keterlibatan dan pendapatan tambahan.

Cara menggunakan segmentasi rekaman email untuk membumbui ROI

1. Garis besar target pasar Anda

Langkah pertama dalam segmentasi catatan email adalah menguraikan target pasar Anda. Siapa yang Anda coba menangkan? Apa pengejaran, perilaku, dan demografi mereka? Anda dapat memahami pasar target Anda dengan lebih baik dan membuat kampanye iklan email yang lebih disesuaikan dengan membuat persona pembeli.

Mari kita renungkan statistik Facebook yang memanfaatkan target pasar.

Evaluasi demografi pengguna Facebook mengungkapkan bahwa persentase perempuan yang lebih tinggi (75%) menggunakan platform dibandingkan dengan laki-laki (63%).

Sementara sebagian besar pengguna di semua kelompok umur menggunakan Facebook, tren saat ini menunjukkan penurunan penggunaan remaja, dengan banyak memilih platform seperti Snapchat, Youtube, dan Instagram. Di antara pelanggan Fb, pangsa pelanggan terbaik (84%) termasuk dalam kelompok usia 25-30, diikuti oleh 79% dalam kelompok usia 30-49 dan 68% dalam kelompok usia 50-64.

Pemasaran Email Bertarget _ Statistik

(Pasokan: Beritahu Pengunjung)

Berdasarkan lokasi, Facebook menawarkan basis pengguna paling mendalam di India (320 juta pelanggan), diikuti oleh AS (190 juta pelanggan), india (140 juta pelanggan), Brasil (130 juta pelanggan), dan Meksiko (93 juta pelanggan). 

Dari segi sekolah, statistik menunjukkan bahwa 74% orang dengan pendidikan lebih dari perguruan tinggi, 75% dari mereka dengan pendidikan universitas, dan 61% dari mereka dengan pendidikan sekolah menengah atau kurang menggunakan Facebook.

Audiens ini memiliki latar belakang, data, ekspektasi, keinginan, dan preferensi yang berbeda, jadi penting untuk menyesuaikan kampanye pemasaran email Anda ke setiap segmen untuk memberikan pengalaman yang lebih dipersonalisasi.

2. Mengumpulkan dan menganalisis pengetahuan

Setelah menentukan target pasar Anda, langkah selanjutnya adalah mengumpulkan dan menganalisis pengetahuan. Anda dapat mengumpulkan informasi melalui analitik situs web, program perangkat lunak periklanan email, survei pembeli, dan sumber lainnya. Pengetahuan ini akan membantu Anda menentukan pola dan wawasan untuk memperkuat teknik segmentasi Anda.

3. Fase catatan Anda

Setelah dikumpulkan dan dianalisis pengetahuan Anda, sekarang saatnya untuk membagi catatan email Anda. Ini dapat dilakukan berdasarkan demografi, kebiasaan, minat, dan tahap keterlibatan.

Analisis Data Anda dan Buat Segmen

(Pasokan: Email On Acid )

4. Personalisasi email Anda

Personalisasi penting untuk membuat kampanye email Anda lebih mudah. Dengan menggunakan nama pelanggan, lokasi, dan acara khusus, Anda dapat menciptakan pengalaman baru untuk setiap penerima.

Personalisasikan Email Anda untuk Kampanye yang Sukses

(Pasokan: Templat Stripo)

Menurut studi oleh Experian , email yang dipersonalisasi memiliki biaya terbuka rata-rata 29,3%, sedangkan email yang tidak dipersonalisasi dan tidak relevan memiliki biaya terbuka sebesar 22,2%. 

5. Periksa dan optimalkan

Untuk memaksimalkan ROI Anda, menguji dan mengoptimalkan kampanye email Anda adalah penting. Gunakan pengujian A/B untuk memeriksa jalur topik, konten, dan presentasi yang berbeda untuk melihat mana yang beresonansi lebih baik dengan setiap bagian. Analisis pengetahuan Anda dan gunakan untuk mengoptimalkan kampanye Anda dan meningkatkan hasil Anda dari waktu ke waktu.

Uji dan Optimalkan Kampanye Email untuk Mendorong Pengguna

(Persediaan: Zapier )

Seperti dalam contoh di atas, pengujian A/B dari kampanye pemasaran email dengan ukuran 47 karakter dalam baris topik umumnya disebut mendekati ukuran terbaik 41 karakter. 

Namun demikian, mencapai jumlah karakter tertentu hanyalah satu sisi dari menyusun baris topik yang efisien. Ada berbagai bagian penting yang berkontribusi pada karya seni komposisi garis topik. Keberhasilan baris topik Anda dapat berfluktuasi bergantung pada berbagai elemen lain, seperti angka, personalisasi, teks preheader deskriptif, humor, emoji, dan rasa urgensi. 

6. Otomatiskan kampanye Anda

Otomasi adalah perangkat lunak segmentasi email yang tangguh yang dapat menghemat waktu dan sumber daya sekaligus meningkatkan efektivitas kampanye Anda. Instrumen otomasi pemasaran surat elektronik digunakan untuk mengirim email berdasarkan pemicu tertentu, seperti kebiasaan pelanggan atau tingkat keterlibatan. Ini dapat membantu Anda menciptakan teknik periklanan email yang lebih ramah lingkungan dan efisien yang mendorong ROI yang lebih baik.

Email otomatis telah terbukti menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam biaya terbuka dibandingkan dengan email non-otomatis, dengan peningkatan sebesar 46% . Terlebih lagi, rata-rata biaya terbuka untuk email pengabaian keranjang otomatis adalah 29,6%. 

29,6%

biaya terbuka umum dari email pengabaian keranjang otomatis

Selain itu, penelitian Experian menyoroti bahwa pelanggan yang menerima email keranjang belanja sepi otomatis 2,4 kali lebih mungkin untuk menyelesaikan pembelian mereka. Ini menggarisbawahi pentingnya menggabungkan kampanye email otomatis ke dalam metode periklanan.

Terakhir, Emailmonday melaporkan bahwa 56% dari semua perusahaan saat ini menggunakan otomatisasi periklanan, yang menunjukkan prevalensi dan signifikansinya yang meningkat dalam periklanan digital.

56%

perusahaan menggunakan otomatisasi periklanan

Anda dapat membuat  bagan alur dengan semua informasi dan langkah-langkah yang Anda inginkan dalam kampanye pemasaran iklan email otomatis Anda. Ini memberi Anda pemahaman yang transparan tentang apa yang diperlukan untuk melanjutkan kampanye pemasaran Anda agar berhasil.

Membungkus

Segmentasi catatan surat elektronik adalah perangkat lunak tangguh yang dapat membantu perusahaan meningkatkan keefektifan kampanye email mereka. Dengan membagi daftar email Anda menjadi bagian-bagian yang lebih kecil berdasarkan sifat atau perilaku yang sama, Anda dapat mengirimkan pesan yang terfokus dan dipersonalisasi yang lebih mungkin untuk beresonansi dengan pelanggan Anda.

Untuk menerapkan segmentasi email secara efisien, Anda mungkin ingin mengamati praktik terbaik seperti menentukan segmen Anda, mengumpulkan dan menganalisis pengetahuan, dan menyegmentasikan catatan Anda. Ini dapat membantu Anda menentukan pesan yang tepat untuk dikirim ke individu yang tepat pada waktu yang tepat.

Memanfaatkan segmentasi email juga dapat membantu perusahaan meningkatkan ROI mereka. Anda dapat meningkatkan keterlibatan, penjualan kotor, dan pendapatan dengan mengirimkan konten yang dipersonalisasi, promosi terfokus, dan penjualan ke segmen tertentu.

Jika Anda mencoba untuk meningkatkan keefektifan kampanye pemasaran email Anda, segmentasi email adalah teknik yang perlu dipertimbangkan. Mulailah menggunakan segmentasi file email saat ini dan lihat sendiri hasilnya.

Gunakan templat Stripo untuk membuat pendekatan kampanye yang sempurna dengan lebih cepat